ANDA MEMASUKI VATHOURZ ZONE. . .
silahkan masuk........

Senin, 27 Februari 2012

Tips Atasi Gejala Radang Tenggorokan

Kita mungkin sering merasakan tenggorokan sakit pada saat menelan atau tenggorokan terasa gatal dan serak. Bisa jadi hal itu merupakan gejala radang tenggorokan. Kelihatannya seperle sih, tetapi jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan demam di tubuh kita.

Gejala radang tenggorokan bisa terjadi akibat kegagalan kelenjar limfe dalam melawan bakteri atau virus. Salah satu gejala yang sering terjadi dan kita rasakan adalah sakit pada tenggorokan. Hal itu sebagai tanda adanya infeksi saluran pernafasan bagian atas.

Sebagian besar gejala radang tenggorokan dapat sembuh sendiri tanpa menggunakan obat-obatan. Karena kadar obat terkadang malah membuat tubuh kita makin sensitif terhadap suatu penyakit akibat kandungan bahan kimianya. Nah, untuk mengatasi gejala radang tenggorokan tersebut, kita dapat melakukan tips berikut ini :
  • Istirahat yang cukup.
  • Berkumur dengan air garam hangat atau obat kumur guna mengurangi rasa sakit. Untuk membuatnya cukup mudah, yaitu setengah cangkir air hangat dicampur dengan setengah sendok teh garam.
  • Makan tablet hisap (lozenges), yang bermanfaat untuk mengurangi gejala peradangan dan sakit tenggorokan karena mengandung antiseptik. Antiseptik inilah zat yang membunuh atau menghentikan pertumbuhan kuman dan bakteri, khususnya di bagian selaput lendir mulut dan tenggorokan.
  • Kita juga dapat memperbanyak minum air putih sekurang-kurangnya delapan gelas setiap hari untuk menjaga agar tenggorokan kita tidak kering. Atau juga kita dapat minum jus buah
  • Dan jika perlu, minum obat pereda sakit dan penurun demam, seperti asetaminofen.
Sekian dulu arsip tips kesehatan hari ini. Semoga bermanfaat dan kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita mulai dari hal sekecil apapun serta dapat kita tanggulangi sejak dini.

Sumber : Tips Sehat Sepanjang Masa

1 komentar: